Membuat MINYAK KELAPA sendiri dirumah

selama ini saya tidak begitu tertarik mencoba membuat minyak kelapa sendiri karena harus berhadapan dengan api dalam waktu yang cukup lama dan tangan harus terus bergoyang diatas kuali hahahaha... demi untuk menjawab beberapa pertanyaan via japri tentang cara membuat minyak kelapa, akhirnya saya sempatkan waktu untuk membuat minyak kelapa.

pada dasarnya hasil yang di dapat dari minyak kelapa dan VCO hampir sama. dan dapat saya simpulkan setiap butir kelapa sudah memiliki kadar minyaknya masing-masing baik itu nantinya diolah menjadi VCO atau menjadi minyak kelapa.

pada percobaan kali ini, saya menggunakan 3 butir kelapa ukuran sedang dengan syarat kelapa sama dengan syarat kelapa dalam pembuatan VCO yaitu kelapa sudah pas tuanya di tandai dengan kulit kelapa yang sudah cokelat dan belum ada tumbuhnya. untuk mengingat kembali syarat kelapa yang baik untuk di olah menjadi minyak kelapa, bisa di lihat dalam gambar berikut ini.


dari 3 butir kelapa tersebut, saya mendapatkan minyak kelapa sekitar 300 ml dan blondo sebagai sisa dari pembuatan minyak kelapa yang bisa dijadikan sebagai cemilan sehat.

berikut ini adalah cara pembuatan minyak kelapa


alat dan bahan :
1. santan kelapa segar
2. plastik gula
3. wadah
4. kuali
5. kompor
6. saringan
7. wadah tempat hasil minyak nantinya

cara membuat :
1. santan segar dimasukkan kedalam plastik dan di ikat kuat. mengapa saya menggunakan plastik? untuk memudahkan dalam memisahkan air dan santan kental nantinya.









2. santan yang sudah di dalam plastik, letakkan di dalam wadah dalam posisi berdiri. ini untuk memudahkan kita saat akan mengeluarkan airnya. diam kan dalam suhu ruangan selama 1-2 jam sampai terjadi pemisahan antara air dan santan kentalnya.








3. buang airnya dengan cara gunting sedikit ujung plastik dan biarkan airnya mengucur keluar. jika air sudah habis, segera tutup lobangnya dengan tangan, lalu pindahkan ke dalam kuali dan kucurkan sampai habis santan kentalnya.


4. masak santan dengan api sedang dan teruslah diaduk-aduk. proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit tergantung dari banyaknya santan yang diproses untuk menjadi minyak kelapa.
5. setelah terjadi pemisahan blondo dan minyaknya, dan blondo sudah terlihat cokelat, matikan api dan diamkan sampai agak dingin.


6. saring minyak dengan menggunakan saringan.





7. simpan dalam wadah tertutup dan bersih. blondo hasil dari sisa pembuatan minyak dapat langsung dimakan sebagai cemilan yang sehat. untuk mengetahui manfaat dari blondo ini, dapat dibaca pada artikel berikut ini Blondo, Kandungan dan Manfaatnya

demikianlah cara membuat minyak celapa yang cukup praktis dan dapat dilakukan di dapur rumah tangga kita. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat MINYAK KELAPA sendiri dirumah"

Post a Comment